Rabu, 30 Mei 2012

BAWANG PUTIH

Nama Ilmiah : Allium satvum
Suku : Liliaceae
Nama : Garlic (Inggris), Bawang Putih (Indonesia)

Bawang putih diperkirakan berasal dari Asia Tengah, mulai dari Himalaya sampai Turki. Berbagai masakan Asia menggunakan bumbu serbaguna ini. Resep India menggunakan bawang putih pada tahap awal memasak, dan ditumis matang bersama dengan bawang bombay dan rempah-rempah untuk membuat masala dasar, sehingga rasa bawang putihnya tidak kentara lagi. Untuk resep masakan Indonesia dan Cina, biasanya dimulai dengan menggoreng beberapa siung bawang putih. Aroma bawang putih masih dapat tercium sampai saat penyajian masakan karena waktu penggorengan yang lebih singkat. Campuran yang menggunakan bawang putih sering digunakan untuk membumbui daging sebelum dipanggang atau dibakar.

Bawang putih segar tanpa kulit memiliki komposisi sebagai berikut : protein (6,3%), lemak (0,1%), mineral (1,0%), serat (0,8%), karbohidrat (29%), kalsium (0,03%), zat besi (0,001%), asam nikotinik (0,4 mg/100 g), dan vitamin C (13 mg/100 g).

Bawang putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Bawang putih digunakan untuk mengobati berbagai kondisi mulai dari kanker, penyakit kardiovaskuler, parasit, pilek, flu, sakit telinga, ketombe, diare, sakit gigi, meringankan penyakit TBC. Bawang putih memiliki manfaat sebagai penambah kekebalan tubuh, mencegah radang, antioksidan, antibakteri yaitu membunuh parasit saluran pencernaan dan bakteri jahat, dan antimikroba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar